Ngalau Suko Dharmasraya, Sensasi Diving Air Tawar dalam Goa

"Dalam lubuk tersebut terdapat berbagai macam ikan endemik Sumatera dan berbagai jenis labi-labi"
Seorang pengunjung sedang menikmati air yang ada di dalam goa Ngalau Suko, Dharmasraya. (KLIKPOSITIF/Cecep)

DHARMASRAYA, KLIKPOSITIF -- Di ibukota Kabupaten Dharmasraya, Pulau Punjung, ada destinasi wisata minat khusus. Adalah objek wisata gua yang bernama Ngalau Suko. Ngalau Suko ini terletak di Jorong Lubuk Bulang, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya-Sumbar.

Pemerhati wisata Kabupaten Dharmasraya, Arjuna Nusantara menjelaskan, Ngalau Suko merupakan salah satu gua yang ada di Dharmasraya. Di dalam gua itu terdapat aliran air tawar yang cukup deras. Ujung gua yang buntu membentuk sebuah lubuk yang dapat dijadikan sebagai tempat pemandian.

Dalam lubuk tersebut terdapat berbagai macam ikan endemik Sumatera dan berbagai jenis labi-labi. "Sangat indah. Dalam lubuk ada ikan warna-warni dan labi-labi. Kalau diselami, maka judulnya diving air tawar rasa terumbu karang. Wisata ini digolongkan menjadi wisata jelajah," ungkap putra asli Dharmasraya ini.

Aliran yang cukup deras dari hulu ke hilir sepanjang sekitar 200 meter. Itu dapat dijadikan seluncuran dengan menggunakan ban dalam. "Ini sangat berpotensi. Sumber mata airnya sangat besar dengan bebatuan stalaktit dan stalakmit juga masih terawat. Kalau terkelola dengan baik, berpotensi menjadi destinasi wisata minat khusus," ungkapnya.

Untuk menuju Ngalau Suko, hanya menempuh sekitar 15 menit kendaraan, yakni jalan baru menuju Kecamatan Timpeh. Kini, para pengunjung mulai mendatangi Ngalau Suko, terlebih dari kalangan pecinta alam. "Tidak jauh. Kalau pakai motor, dapat langsung sampai ke mulut gua," sebutnya.

[Cecep]