Lomba 'Mangaik Mungkuih' Hilang di Festival Langkisau 2017

"Alasannya, pemerintah daerah terfokus untuk menggenjot wisata dan itu dilakukan secara bertahap"
Lomba mangaik mungkuih di Pessel. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Festival Langkisau 2017 sudah berlangsung sejak 14 April lalu dan berakhir pada 22 April 2017 nanti. Agenda kali ini tampak berbeda dari iven sebelumnya. Mulai dari lomba bernilai budaya hingga olahraga ada di pagelaran ini. Tapi, ada beberapa perlombaan yang tidak masuk agenda, salah satunya yakni 'mangaik mungkuih' atau menangkap ikan.

Tokoh masyarakat Pessel, Syaiful Ardi mengatakan, nilai tradisi dalam pelaksanaan Festival Langkisau dari tahun ke tahun sudah mulai menghilang, bahkan tampak terlupakan. Penyebabnya belum diketahui, karena sejak tahun 2015 lalu beberapa lomba tradisional di daerah ini tidak masuk lagi.

"Satu hal yang sangat menjual kekhasan daerah kita yakni, lomba mangaik mungkuih itu. Tapi, entah apa alasannya kita juga sama-sama tidak tahu," jelasnya kepada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, dari sederetan lomba pada iven Festival Langkisau 2017 ini memang masih ada yang dipertahankan. "Sejak tahun 70-an orang luar Pessel sudah mengenal ikan mungkuih yang khasnya di Pessel. Identitas itu adalah kebanggaan kita dan seharusnya dipertahankan," kata anggota Komisi X DPRD Sumbar itu.

Selain itu, Heri Suritno (31), seorang akademisi dan pemerhati serta putra daerah setempat juga mengungkap hal yang sama. Warga Kenagarian Ampalu, Kecamatan Sutera ini mengaku ikan mungkuih memang terkenal sebagai kekhasan daerah tersebut, bahkan keberadaan mungkin juga belum punah.

"Di aliran sungai Ampalu ini masih banyak ikan mungkuih, bahkan hampir tiap hari warga disini ke sungai untuk mencarinya. Mungkin di tahun depan, lomba tradisional ini bisa dimasukkan lagi," jelasnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Zefnihan menyebutkan, pelaksanaan Festival Langkisau 2017 di daerah itu memang tidak memasukkan beberapa kegiatan yang pernah ada. Alasannya, pemerintah daerah terfokus untuk menggenjot wisata dan itu dilakukan secara bertahap.

"Jadi memang ... Baca halaman selanjutnya