Gulai Ikan Hiu, Kuliner Khas Air Bangis Pasbar

"Kuliner ini sangat diminati para pengunjung"
Gulai Ikan Hiu, kuliner Air Bangis Pasbar (KLIKPOSITIF/Buyung)

PASBAR,KLIKPOSITIF--Jika anda berkunjung ke Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas Pasbar - Sumbar tidak ada salahnya mencoba jenis masakan yang satu ini, Gulai Ikan Hiu. Makanan ini dijual di sejumlah rumah makan di kawasan Air Bangis.

Makanan khas di Air Bangis ini bukan makanan baru, namun telah ada semenjak tahun 80-an. Salah satu rumah makan yang menjual kuliner ini adalah Rumah Makan Taluak Sambilan.

Menurut pemilik Rumah Makan Taluak Sambilan, Sri Mulyana, Rumah makan Taluak Sambilan telah berdiri sejak Tahun 1987 silam dengan masakan khas Gulai Ikan Hiu. Jenis ikan Hiu yang di masak yakni Hiu jenis Punai yang berukuran kecil. Berdaging lembut dan putih serta tidak amis menjadi alasan hiu ini dijadikan gulai yang lezat.

Menurutnya, Gulai Ikan Hiu tersebut sangat disukai wisatawan seperti dari Kota Padang, Kota Bukittinggi dan yang lainnya. Terakhir, beberapa wisatawan dari Korea mencicipi Gulai Ikan Hiu di tempat usahanya beberapa waktu yang lalu.

Ia menjelaskan, cara memasaknya sangat sederhana cukup direbus 10 detik, lalu kulit luar di kupas dan dipotong - potong menyerupai dadu. Seterusnya, ditambah racikan bumbu tradisional khas Air Bangis, untuk mendapatkan rasa yang lezat.

“Hiu jenis Punai tidak dilarang karena dagingnya yang lembut dan putih. Di Rumah Makan ini menyediakan Gulai Hiu setiap harinya, dengan harga Rp10.000 per-porsi,” papar Sri Mulyana.

[Buyung Fajri]