Lomba Tradisi 'Hilang' di Festival Langkisau 2017, Ini Kata Kabag Humas

"Ada beberapa iven yang tidak muncul pada Festival Langkisau 2017 dan kegiatan tersebut akan dimunculkan lagi pada FL 2018"
Kegiatan mangaik mungkuih yang menjadi tradisi di Pessel. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar menyebutkan, sejumlah perlombaan yang dihilangkan pada penyelenggaraan iven Festival Langkisau (FL) 2017 akan diadakan pada tahun berikutnya.

"Ada beberapa iven yang tidak muncul pada Festival Langkisau 2017 dan kegiatan tersebut akan dimunculkan lagi pada FL 2018," sebut Kabag Humas Pesssel, Wendi, Selasa 18 April 2017 di Painan.

Baca: Lomba 'Mangaik Mungkuih' Hilang di Festival Langkisau 2017

Begitu juga sebaliknya, beberapa perlombaan yang dilaksanakan pada iven Festival Langkisau (FL) 2017 ini tidak tertutup kemungkinan akan hilang pada tahun-tahun berikutnya. "Kemungkinan itu pasti ada," paparnya.

Dia mengatakan, beberapa perlombaan yang tidak diikutkan pada Festival Langkisau (FL) 2017 ini yakni, lomba berenang antar pulau, lomba memancing, selaju sampan dan juga lomba "mangaik mungkuih" atau menangkap ikan mungkuih yang menjadi khas daerah tersebut.

"Disamping mangaik mungkuih, juga renang antar pulau, selaju sampan dan lomba mancing. Kami akan upayakan kegiatan ini bisa digelar lagi pada tahun berikutnya," tutup Wendi.

[Kiki Julnasri Priatama]