Dua Desa di Sumbar Raih Desa Wisata Awards 2017

"Desa di Sumbar yang menerima award itu adalah Nagari Sungai Nyalo, Kabupaten Pesisir Selatan dan Desa Madobak, Kabupaten Mentawai"
Desa Sungai Nyalo, Pesisir Selatan dipotret dari udara. (skyscrapercity)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan penghargaan kepada 10 kategori desa yang dianggap mampu mengembangkan potensi daerahnya secara maksimal.

Dua diantara 10 desa yang menyabet desa wisata award tersebut berada di wilayah Propinsi Sumatera Barat. Desa di Sumbar yang menerima award itu adalah Nagari Sungai Nyalo, Kabupaten Pesisir Selatan dan Desa Madobak, Kabupaten Mentawai.

Nagari Nyalo menyabet predikat sebagai desa wisata dengan kategori perkembangan desa tercepat. Sedangkan, Desa Madobak mendapat award dalam kategori desa adat terbaik.

Sementara, dalam kategori desa wisata agro direbut oleh desa Pujon Kidul, Malang. Untuk kategori desa wisata maritim diraih oleh desa Bontagula, Bontang-Kaltim. Kategori desa wisata pemanfaatan jejaring bisnis direbut desa Tamansari, Banyuwangi.

Kemudian, desa wisata pemberdayaan masyarakat, disabet oleh desa Ponggok, Klaten , Jawa Tengah. Desa Sungai Gentung, Kabupaten Gunung Kidul berhasil meraih predikat sebagai desa wisata iptek. Untuk kategori desa wisata alam, menjadi milik desa Waturaka, Kabupaten Ende, NTT.

Propinsi Bali, berhasil mencuri anugrah sebagai desa wisata kategori budaya lewat desa Ubud, Kabupaten Gianyar. Terakhir, desa wisata kreatif ditetapkan pada Teluk Meranti, Pelalawan Riau

"Ini menjadi bukti jika desa mampu berkembang. Tak benar stigma yang bilang jika desa tak mampu berprestasi," ucap Menteri PDTT, Eko Sandjojo saat menyerahkan 10 anugrah desa wisata award 2017 di Bukittinggi.

[Hatta Rizal]