Pasa Ateh Bukittinggi Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2017

"Pasa Ateh ditunjang oleh tiga objek wisata yang saling berdekatan"
Sejumlah bule berpose di Pasa Lereng kawasan Pasa Ateh Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Pusat perbelanjaan Pasa Ateh (Pasar Atas) Bukittinggi-Sumbar masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, sebuah ajang lomba pariwisata yang memilih objek-objek wisata di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata.

Pasa Ateh masuk sebagai perwakilan Sumatera Barat dalam kategori 13 yakni Objek Wisata Belanja Terpopuler.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Erwin Umar mengatakan, pihaknya telah menerima surat daftar nominasi tersebut, dan sudah melakukan pertemuan dengan  pedagang Pasa Ateh untuk mewujudkan Pasa Ateh menjadi destinasi favorit ajang API 2017.

Erwin mengatakan, nantinya para pedagang akan dibina untuk menciptakan kondisi yang sesuai dengan konsep Sapta Pesona Wisata yang terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

“Kita akan wujudkan hal ini bersama para pedagang,” lanjutnya.

Saat ini, di kawasan Pasa Ateh terdapat 1.800 pedagang yang terbagi ke beberapa wilayah pasar yakni, Pasa Botik, Pasa Tingkek, dan Pasa Lereng.

Ketua Pedagang Pasar Botik Bos Martin mengatakan, pihaknya mendukung penuh nominasi ini dan bertekad untuk bisa mewujudkan Pasa Ateh menjadi yang terfavorit.

“Jelas kita dukung, sebab manfaatnya juga untuk pedagang,” ujar Bos Martin.

Menurut Bos Martin, Pasa Ateh amat layak masuk nominasi API 2017 sebab selain punya dagang khas di tiap tempatnya, Pasa Ateh juga ditunjang tiga objek wisata utama di Bukittinggi.

“Jam Gadang, Benteng Fort de Kock dan Kebun Binatang, berdekatan dengan pusat perbelanjaan Pasa Ateh. Saya rasa wajar masuk nominasi,” tambahnya.

Nantinya, untuk objek wisata terfavorit, akan dilakukan pemilihan dengan cara vote melalui SMS ke nomor 99368  yang akan dimulai dari tanggal 1 Juni hingga 31 Oktober 2017.

[Hatta Rizal]