Wagub: Sumbar Bisa Jadi Pasar bagi Penikmat Kopi

"Ada peluang besar menjadikan kopi Sumbar terkenal di kancah dunia"
Wagub Nasrul Abit saat mencicipi kopi di hotel Bumi Minang semalam (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF-Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menginginkan Sumbar menjadi pasar bagi pecinta kopi. Menurutnya Sumbar sudah banyak menghasilkan produksi kopi di beberapa daerah dengan beragam cita rasa yang berbeda.

"Dari tujuh kopi yang saya cicipi. Rasanya beda-beda. Bahkan, dari aromanya saja kopi Sumbar tak kalah dari daerah lain," ujarnya usai membuka peragaan mutu kopi Sumbar Rabu malam, 2 Agustus di Hotel Bumiminang.

Wagub mengatakan Sumbar yang saat ini tengah gencar-gencarnya dalam mempromosikan pariwisata. Sehingga, sangat diperlukan menyuguhkan kopi kepada pengunjung yang datang ke Sumbar. Dan, ini merupakan peluang besar menjadikan kopi Sumbar terkenal di kancah dunia.

"Jadi dengan disuguhkan kopi kepada wisatawan setiap berkunjung ke Sumbar akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta mensejahterkan petani kopi," katanya.

Selain itu, Wagub juga meminta Bupati/Walikota serta intasni terkait melihat kopi sebagai sebuah peluang. Sehingga, jika ada lahan kosong yang tidak terpakai dan tanahnya cocok untuk ditanami kopi dapat dijadikan perkebunan kopi. Pemprov Sumbar bersedia mendukung dengan menfasilitasi mendapatkan bibit kopi yang berkualitas.

"Tidak ada salahnya, mencari peluang untuk menanam kopi. Karena, kopi ini sangat disukai semua kalangan baik muda maupun tua. Jadi nanti setiap daerah akan memiliki ciri khas kopi masing," ujarnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra menjelaskan saat ini hasil produksi kopi di Sumbar yang terdata sebanyak 15000 ton pertahun. Itu baru yang terdaftar saja. Belum yang tidak terdaftar. Dari sekian banyak yang terdaftar tersebut yang paling diminati kopi arabica dipasaran internasional.

Selain kopi arabica ada juga memiliki kopi robusta. Karena, dari segi rasa, kopi Arabica memiliki banyak variasi rasa yang mana beragam. Rasa dari kopi tersebut dapat lembut, manis, tajam, dan juga kuat. Dapat ... Baca halaman selanjutnya