Mengintip Keindahan Tersembunyi di Goa Binu Kamang Magek Agam

"Goa ini berjarak sekitar 200 meter dari pemukiman masyarakat terdekat"
Mulut Goa di Jorong Binu Nagari Kamang Ilia Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Keberadaan Goa di Jorong Binu Nagari Kamang Ilia Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam-Sumbar menjadi cikal bakal objek wisata baru di kawasan Agam. Goa tersebut sebenarnya sudah lama diketahui, hanya saja belum pernah dieksplorasi masyarakat.

Mulut goa yang agak sempit untuk dimasuki karena terhalang batu, menjadi salahsatu alasan masyarakat 'mengabaikan' goa tersebut. Namun belakangan ini, goa itu kembali dilirik karena memiliki keindahan terpendam yang bisa menjadi nilai jual suatu objek wisata. Goa itu sendiri ditemukan sekitar 200 meter dari pemukiman terdekat.

"Sekitar sebulan yang lalu, kami mengungkit (memindahkan) batu tersebut agar bisa dimasuki orang. Setelah itu, dari mulut goa terlihat lorong yang bisa ditelusuri," sebut Wali Jorong Binu Fahrur Rozi, Senin 7 Agustus 2017.

Meski demikian, untuk memasuki goa tersebut, sebenarnya cukup sulit. Dari mulut goa yang berukuran setengah meter, kita harus turun ke bawah dengan psisi kepala menunduk. Dalam goa ini kira-kira 10 meter dengan akses yang cukup ekstrem dan diharuskan memakai penerangan seperti senter.

"Setelah kami menyusuri perut goa tersebut, kami tak pernah menyangka jika di dalamnya lumayan luas," lanjutnya.

Pemandangan didalamnya sangat cantik sebab terdapat puluhan Stalagmit dan Stalagtif. "Jika disorot senter, berkilap-berkilap dindingnya diterpa cahaya," lanjutnya.

Sebut Fahrur, ada beberapa lorong didalam perut goa tersebut, sayangnya belum bisa dieksplore sepenuhnya. "Kami hanya bisa masuk sejauh 100 meter saja," ujarnya.

Sementara Camat Kamang Magek Harmezi mengatakan, untuk sementara goa itu belum dibuka untuk publik, namun kedepannya bisa saja dikembangkan untuk pariwisata.

"Kami siapkan peranti-peranti pendukung seperti akses jalan maupun koordinasi dengan ahli," katanya.

[Hatta Rizal]