Masih Ada Dua Goa Misterius Lainnya di Kamang

"dua buah goa ini tak akan dikembangkan untuk pariwisata, bahkan warga enggan menelusuri"
Goa misterius lainnya yang ditemukan di Agam. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Selain sebuah goa yang baru saja ditemukan, ternyata di Jorong Binu, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek, Agam-Sumbar juga sudah ada dua buah goa lainnya yang juga telah diketahui keberadaannya.

Baca: Mengintip Keindahan Tersembunyi di Goa Binu Kamang Magek Agam

Bedanya, dua buah goa ini tak akan dikembangkan untuk pariwisata, bahkan warga enggan menelusuri. "Kalau yang dua itu, kita dilarang oleh orang-orang tua dahulu untuk masuk, sebab belum aman alias tidak steril," sebut Kepala Jorong Binu, Fakhrur Rozi.

Menurut cerita yang berkembang, sebut Fakhrur, daerah tersebut dahulunya merupakan basis perjuangan. Namun, tak jelas apakah itu basis militer zaman Paderi, Perang Kemerdekaan atau PRRI. "Pernah dahulu ada yang masuk, mereka di dalam menemukan senjata, peluru, piring-piringan dan bekas penjara," terangnya.

Akibatnya, warga yang tinggal di Jorong Binu takut untuk masuk karena diduga masih ada perlengkapan militer aktif yang bisa saja membahayakan. Secara geografis, ketiga goa yang ada di Jorong Binu itu lokasinya berdekatan. Namun, tak diketahui apakah ketiganya terhubung atau tidak.

Satu goa yang ditemukan sekitar sebulan yang silam dan sudah dicoba untuk ditelusuri, namun baru sebagian saja. Lokasinya sekitar 200 meter dari pemukiman terdekat, sementara yang dua lainnya yang diduga bekas basis militer, malah lebih dekat lagi, hanya 100 meter dari pemukiman, tepatnya di atas sebuah bukit.

Dua goa misterius ini sangat sempit pintunya. Untuk masuk ke dalam, dari mulut goa yang sangat gelap itu harus turun ke bawah, tak diketahui berapa dalam ataupun luasnya. (*)