Padang KulineRun, Olahraga dan Pesta Selera

"pelari bisa menikmati kuliner khas Sumbar yang tersedia setelah garis finis."
Gubernur Irwan Prayitno mengibarkan bendera Start Padang KulineRun 2017, lomba lari dan promosi wisata kuliner (KLIKPOSITIF/Ramadhani)

KLIKPOSITIF- Dua perempuan berpakaian adat Minangkabau sibuk di belakang tungku. Di hadapan mereka dua kuali besar berisi adonan santan dan daging terus diaduk. Mereka mempertunjukkan cara memasak rendang, makanan identik Minangkabau paling tersohor. Menariknya mereka tidak mengerjakannya di dapur sebagai mana lazimnya. Tapi di depan garis finis sebuah ajang olahraga bertajuk Padang KulineRun 2017.

Padang KulineRun 2017 sebuah olahraga lari yang dikombinasikan dengan promosi wisata, secara spesifik ragam kuliner atau makanan yang ada di Sumatra Barat. Iven ini digelar Perseroan Terbatas Hotel Indonesia Natour (HIN) bersama sejumlah BUMN dalam program BUMN hadir untuk Negeri. Lomab digelar Minggu pagi 24 September 2017. Lokasi strart di mulai dari pelataran parkir hotel Grand Inna Muara Padang pukul 06.00 pagi.

Rutenya memutar kawasan Pantai Padang dan finis di lokasi start. Peserta akan melewati Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman,kawasan Pondok dan Tugu Nol Kilometer Padang. Ada tiga pembagian berdasarkan jarak tempuh lari. 2,5K, 5K dan yang terpanjang 10 K. Ada juga kategori Family Run.

Lomba lari ini diikuti sekitar 1500 peserta dari BUMN yang melibatkan juga atlet lari dari luar Sumbar, dan luar negeri. Lomba ini memperebutkan hadiah berupa uang tunai Rp35 juta, asuransi hingga Rp20 juta, tabungan, dan lainnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebelum mengibarkan bendera start menyebutkan Sumbar memiliki berbagai jenis varian kuliner yang berpotensi untuk menarik wisatawan. Para pelari, katanya, bisa menikmati kuliner khas Sumbar yang tersedia setelah garis finis.

Saat lomba akan dimulai ibu-ibu dan sejumlah perempuan berteriak semangat. Pasalnya salah seorang peserta lomba ini adalah Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno. Sandiaga memang dikenal sebagai pecinta jogging. Dia pun sering mengkampanyekan olahraga ini. Sandiaga ikut dalam lomba lari jarak ... Baca halaman selanjutnya