Tahun Depan, Tarif Masuk Objek Wisata di Padang Naik 100 Persen

"Salah satu objek wisata yang dikelola oleh Pemko Padang adalah Pantai Air Manis"
Batu Malin Kundang, Salah Satu Objek Sejarah yang Terdapat di Pantai Air Manis, Kota Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dinas Pariwisata Kota Padang berencana menaikkan tarif masuk objek wisata yang dikelola oleh pemerintah tingkat kota.

Kepala Dinas Pariwisata Padang, Medi Iswandi mengatakan pihaknya sengaja menaikkan tarif masuk objek wisata untuk mengejar target Pendapatan Asli Daerah dari instansi yang dipimpinnya.

"Tahun depan, PAD kami naik 100 persen dari Rp1 miliar jadi Rp2,4 miliar. Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut adalah dengan menaikkan biaya masuk objek wisata," katanya.

Salah satu objek wisata yang dikelola oleh Pemko Padang adalah Pantai Air Manis.

Jika biasanya setiap pengunjung objek wisata Batu Malin Kundang itu dikenakan Rp5 ribu perorang, tahun depan naik menjadi Rp10 ribu.

Langkah menaikkan tarif masuk objek wisata tersebut disampaikan Medi dalam pembahasan pansus I APBD 2018, pendapatan dan pembiayaan di DPRD Padang, Rabu 11 Oktober 2017.

"Dibandingkan kota lain, Kota Padang paling murah, wajar bila dinaikkan. Bukan untuk memberatkan masyarakat kita, namun bagi wisatawan luar," jelas dia.

Selain itu, kenaikan tarif dirasa wajar sebab pemerintah kota selaku pengelola telah melakukan pembenahan sarana dan prasaran secara baik.

"Kita telah lengkapi sarana, seperti tempat berfoto, musala, tempat parkir, tempat bermain dan lainnya," papar Medi.

Sementara itu Ketua pansus I DPRD Padang, Elviamri berharap kenaikan target tersebut juga dapat ditingkatkan lagi, karena objek wisata pantai di ibukota Provinsi Sumatera Barat mulai semarak.

"Besar harapan kami dengan semaraknya pantai Padang maka juga meningkat PAD dari sana. Makanya revisi perda tentang retribusi, ini harus disegerakan," ujarnya kemudian.

[Cecep Jambak]