Serunya Berjalan Kaki dari Alahan Panjang ke Kota Padang

"Perjalanan ini membutuhkan fisik yang prima, karena selain jauh, kecerdasan mengatur kecepatan langkah kaki sangat dibutuhkan "
Peserta Lomba Lintas Jalan Jauh (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- "Wah, indah sekali," hanya kalimat itu yang bisa diungkapkan Harianto, salah satu mahasiswa Universitas Bengkulu saat melihat hamparan kebun teh di Alahan Panjang, Kabupaten Solok.

Ia dan dua rekannya yang tergabung dalam organisasi Mapala Pulkanik Universitas Bengkulu sejenak tertegun menikmati hamparan hijau teh yang terletak di bagian Timur Kota Padang itu.

Suasana sejuk dataran tinggi Alahan Panjang membuat Hari-panggilan akrab Harianto ingin berlama-lama di kawasan tersebut, udara yang asri dan pemandangan yang elok membuat mereka seakan lupa akan trek sejauh 74 kilometer menuju Kota Padang yang harus ditempuhnya dengan berjalan kaki.

"Kita kan harus terus jalan, kenapa malah berhenti?," kata Hari pada rekannya. Perjalanan yang mereka mulai dari Danau di Atas itu akhirnya dilanjutkan hingga finish etape 1 di Taman Hutan Raya Bung Hatta, Lubuk Kilangan, Padang.

Harianto sendiri adalah salah satu peserta Lomba Lintas Jalan Jauh (LLJJ) ke 12 yang digelar oleh Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (MPALH) Universitas Negeri Padang. Ia dan dua rekannya tersebut hanya sebagian kecil dari 258 pejalan kaki yang menjadi peserta lomba.

Peserta lomba yang terbagi menjadi 86 tim itu ditantang untuk menaklukan trek mendaki dan menurun di sepanjang jalur penghubung Provinsi Sumatera Barat dan Jambi itu. Dalam prakteknya, lomba dibagi menjadi dua etape, untuk etape pertama peserta akan menempuh perjalanan dari Danau di Atas ke Tahura Bung Hatta, selanjutnya etape ke 2 dari Tahura Bung Hatta, pusat Kota Padang dan finish di kampus Universitas Negeri Padang.

Bagi Harianto, lomba tersebut adalah tantangan bagi timnya. Perjalanan yang sangat panjang melelahkan itu membuat tim dari Mapala Pulkanik tersebut tetap optimis, semangat dan cerdas.

"Perjalanan ini membutuhkan fisik yang prima, karena selain jauh, kecerdasan mengatur kecepatan langkah kaki sangat dibutuhkan ketika kita ... Baca halaman selanjutnya