60 Cottage akan Jadi Warna Baru di Ngarai Sianok Bukittinggi

"Pembangunan cottage ini terinspirasi dari Desa Adat yang ada di Lombok"
Cottage yang baru dalam proses pembangunan di kawasan Ngarai Sianok Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Kawasan wisata Ngarai Sianok direncanakan akan dikembangkan dengan membangun hunian sebanyak 60 cottage.

Pembangunan itu sedang dikerjakan di Objek wisata Rumah Pohon Inyiak yang berlokasi di kawasan Ngarai Sianok, Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi-Sumbar.

"Betul, kami akan bangun sekitar 60 cottage, saat ini sedang berlangsung," ucap pengelola, Ismael, Minggu 22 Oktober 2017.

Sebut Ismael, dalam rancangan, nantinya objek wisata itu akan bernama Cottage dan Rumah Pohon Inyiak.

"Cottage yang kami bangun, terinspirasi dari Desa Adat yang ada di Lombok," lanjut Ismael.

Bentuk Cottage tersebut, kata Ismael, akan mengadopsi berbagai rupa bangunan tradisional Indonesia yang menggunakan material yang mudah di dapat seperti kayu, bambu, maupun bahan lainnya seperti jerami sebagai atapnya.

"Jadi, bentuk bangunannya nanti ya serba unik. Ini akan menjadi sesuatu yang baru di Ngarai Sianok," ungkapnya.

Sebut Ismael, ditargetkan pembangunan cottage dengan ukuran per unitnya mencapai 6 kali 6 meter itu akan selesai pada akhir 2018 mendatang dengan total lahan mencapai 3,6 hektare.

"Paling tidak, untuk tahun ini kami bisa rampungkan sebanyak 10 cottage dengan view langsung di Lembah Sianok," jelasnya.

Selain itu, ia juga merencanakan akan mengembangkan kawasan tersebut dengan sarana outbond, wisata berbasis edukasi, permainan anak, dan wahana air.

Sementara, menurut Humas Cottage dan Rumah Pohon Inyiak, Rudi Arnel, saat pembangunan wisata ini selesai, maka akan membuka lapangan pekerjaan yang besar bagi warga lokal.

"Sekarang ini masih tahap awal, baru selesai 2 Cottage. Kami sudah mulai sejak Mei 2017, nantinya akan banyak lapangan pekerjaan yang tersedia," kata Rudi.

[Hatta Rizal]