Indahnya Baso dari Perbukitan Jorong Bukik Apik

"di sini terdapat dua spot nan aduhai, sangat cocok untuk bersantai menikmati pandangan perbukitan nan hijau sembari menghirup udara bersih. "
Keindahan Baso dari Puncak Data (Hatta Rizal Klikpositif)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Agam-Sumbar memang tak kurang potensi wisata terutama keindahan alamnya.

KLIKPOSITIF mengunjungi sebuah kawasan perbukitan nan asri di Jorong Bukik Apik, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso.

Setidaknya, di sini terdapat dua spot nan aduhai, sangat cocok untuk bersantai menikmati pandangan perbukitan nan hijau sembari menghirup udara bersih.

Panoramanya pun sangat mengagumkan. Jika cuaca cerah, tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda yang butuh ketenangan dari padatnya aktifitas

Spot pertama, bernama Bukit Anjua. Di sini, kita akan bisa melihat Kecamatan Baso dari sisi yang lain. Hijaunya areal persawahan di bawah Bukit Anjua yang berdampingan dengan rumah-rumah penduduk yang masih tradisional tentu mengundang decak kagum.

Pemandangan kita, selanjutnya akan berakhir di sebelah barat yakni di Bukit Barisan yang tampak berjejer dari ujung ke ujung.

Spot kedua, nah ini yang paling memikat. Terletak sekitar 2,5 km dari spot pertama Bukit Anjua.

Namanya Puncak Data. Lokasi ini jauh lebih tinggi dari Panorama Bukit Anjua. Karena berada di ketinggian, tentunya pemandangan di sini jauh lebih "lantang".

Di sini, bisa kita lihat Baso secara utuh. Udaranya sangat sejuk. Kalau kita melengong ke arah kanan, mata akan tertumpu ke Gunung Sago yang terlihat menjulang dari sana.

"Biasanya Minggu sore, ramai anak muda yang ke sini. Ngambil foto-foto," ucap salah seorang warga Nasrul St Pangeran, Minggu 29 Oktober 2017

Jika tertarik, rutenya tak terlalu sulit. Dari arah Bukittinggi silahkan menuju Labuah Luruih Baso. Sampai di Simpang Heler, ambil rute kanan.

Sekitar 50 meter, kita akan bertemu kantor Jorong Baruah. Ambil jalan sebelah kiri. Setelah menempuh 3 kilometer, nanti akan muncul pertigaan. Ambil lagi jalan sebelah kanan yang menanjak.

Di sana, kita akan bertemu Panorama Bukik Anjua. ... Baca halaman selanjutnya