Mengapa Paspor Singapura Paling Kuat di Dunia?

"kehormatan itu sekarang hanya dimiliki oleh Singapura "
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Ketika melakukan perjalanan secara global, tidak semua paspor diciptakan sama. Tapi paspor mana yang bisa mengatur semuanya?

Menurut Indeks Paspor, kehormatan itu sekarang hanya dimiliki oleh Singapura berkat keputusan baru-baru ini oleh Paraguay untuk menghapus persyaratan visa bagi pemegang paspor negara kota Asia.

Dikembangkan oleh kediaman internasional dan penasihat kewarganegaraan Arton Capital, Passport Index merupakan alat interaktif online gratis yang memilah dan memberi peringkat paspor dunia melalui akses lintas-perbatasan mereka.

Pemegang paspor Singapura sekarang dapat dengan mudah mengunjungi 159 negara, bebas visa atau dengan mendapatkan visa pada saat kedatangan.

Sebelum keputusan Paraguay untuk menghapus pembatasan visa, Singapura berbagi posisi nomor satu di Index with Germany, yang memiliki skor paspor 158.

"Untuk pertama kalinya sebuah negara Asia memiliki paspor paling kuat di dunia," kata Philippe May, managing director kantor Singapura Arton Capital.

"Singapura terus meningkatkan kekuatan paspornya sejak menjadi independen pada tahun 1965," jelas May.

"Ini karena kebijakan luar negeri yang cerdas dan berpandangan jauh, diplomasi yang bagus, serta memahami globalisasi sebagai sebuah kesempatan. Tidak seperti negara anggota Schengen [di Eropa], Singapura memutuskan sendiri siapa yang memberikan akses bebas visa. Singapura tidak terkunci dalam zona perjalanan umum (misalnya dengan negara-negara ASEAN lainnya), dan tidak pernah memaksakan pembatasan visa kepada warga negara asing hanya karena negara-negara anggota ASEAN lainnya memiliki batasan," jelasnya.

Paspor Asia lainnya yang masuk dalam 20 besar termasuk Korea Selatan, Jepang dan Malaysia. Sementara itu, paspor AS telah jatuh cinta sejak Presiden Donald Trump mulai menjabat.

Dilansir dari laman CNN, pernyataan Passport Index mencatat bahwa Turki dan Republik Afrika Tengah adalah ... Baca halaman selanjutnya