Jika Jalan-jalan Ke Pessel, Cobalah Kue Putu Kambang

"Kue ini memiliki ciri khas dengan bungkusan daun pisang"
Tek Ema sedang menjual Putu Kambang di Pasar Sabtu Kambang (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Pernah mendengar nama atau menikmati lezatnya ‘Kue Putu Kambang?’ Jika belum, mungkin anda perlu mencobanya. Salah satunya dengan mengunjungi pasar-pasar tradisional yang ada di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya Nagari Kambang.

Kue Putu Kambang terlihat dengan tekstur dan sajian yang berbeda dari putu-putu yang ada pada biasanya. Dengan ukurannya yang bervariasi, kue ini memiliki ciri khas yang spesial dengan bungkusan daun pisang.

Dengan komposisi adonan ketan beras pulut, kukusan kelapa serta gula aren, kue atau makanan yang satu ini terasa nikmat saat melekat di lidah, bahkan tak sedikit pembeli berulangkali untuk mencobanya.

Sesuai namanya, kue Putu Kambang sangat sulit ditemukan dipasar-pasar tradisional, selain dari pasar yang ada di Kecamatan Lenganyang. Karena memang seperti, dikatakan Ema (55), rata-rata penjual Putu Kambang, orang Kambang semua, dan cukup jarang ditemukan penjualnya selain dari orang Kambang.

"Putu Kambang ya adanya di Kambang. Sebab, rata-rata yang dagangan Putu Kambang, ya orang Kambang secara turun-temurun," sebut Tek Ema warga Koto Baru, Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang saat ditemui di Pasar Sabtu Kambang, Sabtu 11 November 2017.

Tek ma mengaku, usaha ini sudah dilakoni sejak 1985 silam dari hasil usaha orangtuanya.

Menurut Etek, yang menjalani usaha kue Putu Kambang ini memang terbatas. Jadi, hasil produksi hanya bisa ditemukan saat ada hari pasar di Lengayang saja.

"Dulu memang ada yang berjualan jauhnya sampai ke Batangkapas, Painan. Tetapi, saat ini tidak lagi, karena yang berjualan sudah tua semua, jadi mungkin bisa dikatakan tidak ada dijual selain dari hari pasar Balai Kami, Pasar Sabtu Kambang dan Lakitan," terangnya.

Dengan adonan yang tradisional dan tekstur yang lembut, harga Putu Kambang dijual mulai harga Rp2 ribu hingga Rp4 ribu perporsi. "Kalau yang ukuran kecil 6 buah Rp10 ribu, ... Baca halaman selanjutnya