Sumbar Sasar Wisatawan asal China

"Sumbar disebut memiliki apa yang diinginkan wisatawan dari China "
kawasan Mandeh Pessel (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua DPD Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumatera Barat (Sumbar), Ian Hanafiah menyatakan, selain Timur Tengah dan India, Sumbar tengah berupaya menarik wisatawan dari China untuk berkunjung ke Sumbar.

Katanya, Sumbar memiliki apa yang diinginkan wisatawan dari China dan mereka sangat tertarik akan laut, serta Kawasan Wisata Mandeh. 

"Orang China daratan kalau melihat laut seperti melihat apa gitu, Mandeh bisa dijual kepada mereka. Terlepas dari kondisi Mandeh saat ini, Mandeh sudah layak ," sebutnya.

Menurutnya, China, soal agama tidak ada masalah, karena mereka hanya akan melihat laut saja.

Dilanjutkan Ian, upaya itu sejalan dengan keinginan maskapai Air Asia untuk membuka penerbangan langsung Padang-Singapura. Penerbangan perdana akan diresmikan pada 9 Februari 2018. Asita menyambut rencana tersebut, karena selama ini banyak wisatawan dari Singapura yang berminat berkunjung ke Sumbar. Hanya saja mereka harus menempuh rute panjang, via Batam atau Jakarta.

Untuk mendukung itu, Asita dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) akan mempromosikan wisata Sumbar di Singapura, sebelum penerbangan perdana rute Padang-Singapura dibuka. Promosi itu dilakukan dengan membawa media dan pelaku wisata Singapura ke Sumbar.

"Untuk makanan juga tidak ada kendala. Karena makanan disediakan oleh hotel, nanti akan disesuaikan dengan selera pengunjung," ujar Ian.

Selain itu, bagi wisatawan muda, Sumbar juga tersedia objek wisata yang menantang seperti Mentawai. Selain alamnya yang menantang, Mentawai juga terdapat ombak yang bagus untuk surving.

[Joni Abdul Kasir]