Raih Anugerah API, Kawasan Saribu Rumah Gadang Solsel akan Dikembangkan

"Melalui dana kementerian, 40 unit Rumah Gadang akan direvitalisasi"
Rumah Gadang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

SOLOK SELATAN, KLIKPOSITIF -- Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan (Solsel) Yulian Efi mengatakan, pemerintah Kabupaten Solok Selatan akan lebih serius mengembangkan pariwisata di daerah tersebut. Apalagi kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) mendapatkan Anugerah Pesona Indonesia (API) dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI ketegori kampung adat terpopuler.

Menurut Yulian Efi, selain anggaran kabupaten, dana dari pemerintah pusat juga akan mengalir dalam pengembangan SRG. Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggelontorkan dana untuk revitalisasi 40 unit Rumah Gadang.

"Alhamdulillah ada 40 unit bantuan rehab Rumah Gadang, saat ini kami sedang lakukan pendataan rumah yang akan direhab," ujarnya.

Untuk menjaga Rumah Gadang dari arus moderenisasi, Pemkab juga akan mengeluarkan peraturan bupati (perbup) terkait pembangunan rumah di kawasan Saribu Rumah Gadang. Pasalnya saat ini sudah banyak pembangunan rumah moderen di kawasan tersebut.

"Kami juga akan ikat dengan aturan agar pembangunan lebih terarah sehingga nuansa perkampungan adat tetap terjaga," jelasnya.

Dia mengakui pengembangan kawasan Rumah Gadang butuh proses yang panjang. Saat ini sudah ada 10 Rumah Gadang yang dijadikan homestay oleh suku-suku yang ada di kawasan tersebut

"Kedepannya kami berencana akan tambah, tapi tentu kita lihat prospek yang 10 ini dahulu," sebut Yulian.

Ditambahkannya, sembari mengembangkan kawasan Saribu Rumah Gadang, pihaknya juga mendorong perkembangan pariwisata lain seperti Air Terjun Timbulun, water boom, dan objek wisata alam lainnya.

Terpisah, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan, anugerah yang diperoleh SRG sebagai kampung adat terpopuler, tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Mulai dari masyarakat, pegiat wisata dan pejabat instansi terkait yang tak pernah lelah mempromosikan SRG, baik secara lisan maupun melalui media sosial dan teknologi ... Baca halaman selanjutnya