Tingkatkan Pelayanan Pariwisata, Pemkab Pessel Bentuk Kelompok Wisata

"Ada 13 kelompok pelaku wisata yang sudah di SK-kan"
Pantai Carocok dipadati pengunjung saat libur Idul Fitri 2018 (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemkab Pessel (Pesisir Selatan)-Sumbar membentuk kelompok wisata untuk menyambut para wisatawan yang akan datang ke Pessel. Kelompok wisata ini dibentuk jelang liburan sekolah, natal dan tahun baru, karena disaat itu jumlah wisatawan di Pessel diprediksi akan membludak, sehingga dibutuhkan kelompok-kelompok yang bisa bertugas membantu menyambut dan melayani pengunjung.

"Kami sudah meng SK-kan kelompok pelaku wisata di Pessel, jumlahnya ada sebanyak 13 kelompok pelaku wisata," sebut Kepala Bidang Kepariwisataan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Wendra Rovikto pada KLIKPOSITIF, Rabu 13 Desember 2017.

Menurutnya, semua kelompok itu akan disebar di sejumlah titik di kawasan objek wisata.

"Yang ini, sudah kita lakukan di Carocok Painan dan juga akan diterapkan di destinasi wisata lainnya. Sehingga dengan harapan bisa menghindari oknum-oknum yang merusak citra wisata bagi wisatawan yang datang," jelasnya.

Lanjutnya, untuk meningkatkan pelayanan di sektor wisata, ia berharap adanya kerjasama dari kelompok pelaku wisata serta dari masyarakat luas.

"Selanjutnya untuk Mandeh dan destinasi wisata lainnya, juga akan kita terapkan. Tentu istilahnya basamo mangko manjadi," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]