Seperti Ini Wajah Kawasan Jam Gadang yang Dirancang Pemko Bukittinggi

"Nantinya, akan ada air mancur yang berwarna-warni di sekitaran Jam Gadang"
Kawasan Jam Gadang (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Pemko Bukittinggi berencana untuk mempercantik kawasan Jam Gadang dan sekitarnya pada tahun 2018 mendatang. Nantinya, akan ada air mancur yang berwarna-warni di sekitaran Jam Gadang.

“Ada air mancur warna-warni. Konsepnya ketika masuk kota, warga atau pengunjung tidak stress. Kalau dimarahi suami di rumah, atau sebaliknya, pergi saja ke kota dan di sana pikiran jadi tenang,” seloroh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias ketika menggelar jumpa pers di Balai Kota Bukittinggi, Rabu 20 Desember 2017.

Ramlan melanjutkan, pemandingan cantik di kawasan Jam Gadang nantinya akan tersambung dengan kawasan tugu Pahlawan Tak Dikenal. Kawasan tugu itu rencananya juga ada air mancur dan taman.

Rencananya juga, Pemko Bukittinggi akan memanfaatkan tanah pemerintah di kawasan Kantor Kadin, dan akan menjadikan lantai bawah menjadi lokasi parkir.

“Jadi, bus tidak boleh ke atas, tapi diarahkan ke arah Hotel Djogja. Selain itu, di sana juga akan ada mushalla, wc sekelas bintang lima, dan ada kamar mandi. Sementara bagian atas akan ada taman-taman,” ujar Ramlan.

Tak hanya itu, Pemko Bukittinggi juga berencana untuk menjadikan kawasan Kampung Cino di Jalan Ahmad Yani sebagai kawasan pedestrian dan ditutup untuk lalu lintas kendaraan.

“Nantinya di Jalan Ahmad Yani akan ada bangku-bangku seperti di Hong Kong. Ada taman juga. Tapi itu nanti dibenahi setelah pembangunan Pasar Atas sudah selesai,” jelas Ramlan.

Baca juga : Wali Kota Bukittinggi : Kalah Lo Awak dek Tangkelek jo Kapuyuak

[Hatta Rizal]