Menengok Fasilitas Rumah Singgah di Pantai Carocok Painan

"Rumah Singgah Kampung Jao sediakan perlengkapan memasak"
Rumah Singgah Kampung Jao (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Ada yang berbeda di salah satu penginapan di sekitaran Pantai Carocok, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Salah satunya memilih nama yang unik, yaitu Rumah Singgah Kampung Jao. Tak hanya itu, tempat ini juga memberikan pelayanan yang tidak dimiliki oleh pengelola lainnya.

Menurut sang owner, Syafrizal, ia sama sekali tidak menyediakan makanan dan minuman dalam melayani tamunya. Tetapi, para tamu diberi kebebasan dalam memanfaatkan fasilitas yang ada.

"Ini khas pelayanan kami yang berbeda dari hotel dan penginapan yang ada saat ini. Sebab, kebanyakan tamu-tamu lebih tahu dengan seleranya masing-masing. Oleh karena itu, kami buat aja pelayanan ala rumah sendiri," sebutnya pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, dengan pelayanan ala rumah sendiri ini, pihak pengelola cukup menyediakan dapur masak serta kebutuhan bahan dasar untuk masak dan minum saja. Untuk bahan yang akan disantap, para tamu bisa membawa bahan sendiri atau langsung membeli bahan yang akan di masak ke pasar.

"Sebab jarak dari Pasar Painan hanya 100 meter. Apalagi jarak pantai, itu sudah ada di area kita," jelasnya.

Rumah singgah ini berukuran 16x11 meter diatas lahan 62x17 meter dan memiliki 2 kamar VIP dan 3 standar dengan sebanyak 5 kamar dari tarif Rp250 ribu hingga Rp400 ribu. Pihaknya mengaku, adanya pelayanan itu karena banyaknya tamu yang menginginkan menginap seperti di rumah sendiri.

"Jadi pengen minum, tinggal buat sendiri. Begitu juga untuk makan, bisa masak sesuai selera para tamu. Sebab, seperti dapur dan peralatan lainnya sudah kami sediakan untuk semua tamu dan dilengkapi dengan fasilitas Ac serta Wifi," terangnya.

[Kiki Julnasri]