Ada Kerupuk Daun Gambir dari Pessel, Cobalah...

"Selain digunakan sebagai pelengkap untuk memakan sirih, juga berguna untuk obat diare"
Kerupuk Daun Gambir (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Pesisir Selatan memang sudah terkenal dengan hasil Gambirnya. Bahkan, masyarakat di dua kecamatan di daerah itu, yakni Kecamatan Koto XI Tarusan dan Kecamatan Sutera telah menggantungkan kehidupan mereka dari penghasilan getah gambir.

Kelompok perempuan di Kampung Kasai Kenagarian Siguntuah Tuo, Kecamatan Koto XI tarusan Pessel, misalnya, mengolah daun gambir menjadi makanan yang sangat renyah dan bisa menambah penghasilan. Mereka menamakan produknya Kerupuk Daun Gambir.

Ketua Kelompok Usaha Kerupuk Daun Gambir Lubuak Kasai Elliza, kepada KLIKPOSITIF saat ditemui saat kegiatan KKI Warsi di Padang menyampaikan, ide tersebut muncul ketika kelompok ibu-ibu rumah tangga di daerah itu tidak bisa terlibat dalam pengolahan gambir mengingat cara kerja yang cukup berat. Namun saat diskusi dengan fasilitator Warsi ide itu muncul dan segera ditindaklanjuti.

“Kami berfikir bagaimana dengan ketersedian gambir yang cukup banyak, ibu-ibu rumah tangga bisa memanfaatkan gambir dalam bentuk lain, akhirnya kami sepakat membuat kerupuk gambir,” ungkapnya, Senin, 22 Januari 2018.

Menurutnya, kebiasan di kampung mereka, daun gambir selain digunakan sebagai pelengkap untuk memakan sirih, juga berguna untuk obat diare, sehingga tidak ada salahnya jika dijadikan kerupuk. Sejak lima bulan lalu kelompok mereka telah aktif memproduksi kerupuk daun gambir dan dipasarkan untuk warga lokal dengan harga Rp15 ribu perbungkus dengan berat 2 ons perbungkus.

Elliza menjelaskan, cara pembuatannya, daun gambir segar direbus kemudian dimasukan dalam adonan yang telah disediakan berupa campuran tepung terigu, bawah putih, cabe merah, ketumbar, setelah itu diaduk dengan daun kemudian dilakukan proses penggorengan.

“Sekarang, kami juga tambahkan ikan-ikan kecil dan daun kunyit sebagai tambahan rasa, namun rasa pahit dikit dari daun gambir tetap ada sebagi ciri khas dan pertanda dari daun ... Baca halaman selanjutnya