Akankah 17 Varian Randang Ini Ikut Serta dalam Pameran HPN 2018?

"Ke-17 macam Randang tersebut merupakan hasil dari produksi ibu-ibu yang tergabung dalam UMKM di Padang"
Sekretariat Rumah Randang Jalan Ahmad Yani Kota Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Koperasi Wanita Ikaboga Padang telah menyiapkan sebanyak 17 varian Randang untuk menyambut para peserta Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diselenggarakan di daerah itu.

Hal itu diungkap oleh Wakil Ketua Ikaboga Padang, Amalia Hafinar saat pembukaan “Makan Nasi Jo Randang” di Sekretariat Rumah Randang Jalan Ahmad Yani Kota Padang.

Dijelaskannya, Ke-17 macam Randang tersebut merupakan hasil dari produksi ibu-ibu yang tergabung dalam Unit Mikro Kecil Menengah-UMKM di Kota Padang tersebut. Produk mereka diantaranya, rendang daging, belut, tuna, jengkol, telur, suir, puyuh, paru, lokan, ayam, jamur, paku, ubi, udang dan kale.

“Setiap hari kami produksi, yang terbaru kami menyediakan makan nasi jo randang bisa langsung ke sini, tempat tersedia, bisa duduk bersila ala makan di rumah sendiri,’” tuturnya, Senin 29 Januari 2018.

Selain mencicipi randang pakai nasi, dalam bentuk kemasan pun bisa jadi oleh-oleh untuk dibawa pulang. Dituturkanya, Kemasaan rendang mereka telah reruji, tahan selama tiga bulan dalam kemasan dengan harga yang sangat terjangkau.

“Selain banyak varian, harga juga lebih murah, kemasan 2,5 ons kami jual Rp65 ribu saja," ujarnya.

Terkait keikutsertaan HPN, dalam agenda pameran produk, kelompok mereka belum menemui kata sepakat, persoalannya, mereka keberatan dengan sewa tenda yang dipunggut penyelenggara sebesar Rp3 juta untuk satu kapling dengan ukuran 3x2 meter.

Terkait hal itu juga, Neni Rahdipa Owner Dapua Uni Dipo Spesifik Randang Jamur menjelaskan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Padang, sebab informasi dari dinas tersebut sebelumnya mereka digratiskan. Namun opsi lain jika mereka tidak terlibat dalam pameran tersebut, pihaknya berencana memasukan surat khusus untuk dilibatkan dalam perayaan hari besar pers tersebut.

“Jika tidak terlibat dalam pameran, ... Baca halaman selanjutnya