5 Kota di Jawa Yang Punya Hutan Seru Yang Bisa Kamu Datangi Dengan Kereta Api

" Beberapa hutan cantik di Jawa berikut ini bisa jadi ide liburan kamu."
Ilustrasi (anekatempatwisata.com)

KLIKPOSITIF -- Bosan liburan ke pantai tapi malas naik gunung yang butuh energi ekstra? Kenapa tidak liburan ke hutan saja? Selain memiliki pemandangan yang indah, jalan-jalan di hutan juga tidak menguras tenaga dan bisa membuat pikiran jadi refresh kembali karena udaranya sejuk dan menenangkan.

Belum punya ide bakal ke mana long weekend nanti? Beberapa hutan cantik di Jawa berikut ini bisa jadi ide liburan kamu.

Taman Hutan Rakyat Ir H. Djuanda, Bandung

Terletak di dekat pusat Kota Bandung, Taman Hutan Ir. H Djuanda ini adalah salah satu hutan kota yang paling luas di Indonesia. Total luasnya mencapai 590 hektar, yang tersebar dari kawasan Dago Pakar sampai ke Maribaya.

Meski terletak dekat dengan kota, namun bagian dalam dari kawasan yang dikenal dengan nama Tahura ini memiliki banyak pepohonan langka dan gua peninggalan penjajah Jepang dan Belanda. Selain itu di dalamnya juga terdapat beberapa tempat menarik seperti jembatan merah, air terjun, prasasti Raja Thailand dan bangunan-bangunan klasik yang cantik.

Mudah saja untuk menuju Tahura Ir. H. Djuanda. Beli tiket kereta api ke Bandung, lalu dari stasiun Bandung, naik kendaraan umum ke kawasan Dago Pakar, dan hutan dengan pohon tinggi menjulang sudah di depan mata.

Taman Hutan Baluran, Situbondo – Banyuwangi

Hutan konservasi ini memiliki wilayah yang sangat luas, mulai dari Banyuwangi sampai kawasan Situbondo. Uniknya, di dalam kawasan hutan ini terdapat beberapa pemandangan yang berbeda. Mulai dari savanna padang rumput luas membentang membuatnya nampak seperti di Afrika, yang berbatasan langsung ... Baca halaman selanjutnya