Lapek Bugih, Kuliner Nusantara untuk Berbuka Puasa

"Makanan tradisional asal Sumatra Barat ini sebenarnya hampir sama dengan kue bugis di Betawi atau kue mendut di Jawa Tengah"
ilustrasi: Lapek Bugih atau Kue Bugis (net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Bulan suci Ramadan sangat identik dengan kehadiran pasar pabukoan dengan beragam pilihan menu. Salah satu menu yang patut dicoba adalah lapek bugih. Makanan tradisional asal Sumatra Barat ini sebenarnya hampir sama dengan kue bugis di Betawi atau kue mendut di Jawa Tengah. Namun tentu saja lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikan nya. Artinya masing-masing daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam hal makanan sekalipun.

Jika di Jawa bahan isian dibuat dengan campuran gula merah, Pada lapek bugih Minangkabau isiannya dicampur dengan gula pasir. Perbedaan yang lain jika di Jawa menggunkan tepung ketan putih di Minangkabau  ada varian tepung ketan hitam dan ketan putih. Seperti halnya makanan khas Sumbar yang lain santan sangat dominan dalam pembuatan kue ini.

Itulah uniknya kue tradisional Nusantara yang satu ini. Di mana proses dan varian penyajiannya mengikuti tradisi daerah masing-masing. Dengan adanya perbedaan tersebut justru semakin memperkaya budaya kuliner Nusantara. Yang unik lagi adalah kue bugis yang ada di Jakarta biasanya dimasak dahulu sampai matang baru di bungkus. Nah prosesnya saja juga berbeda-beda yang di setiap daerahnya.

"Lapek Bugih atau sering disebut kue Bugih hampir sama setiap daerah. Namun variasi penyajian ada yang berbeda. Seperti kita di Sumbar, kue ini ternyata tidak hanya menggunakan bahan dasar ketan hitam, namun juga menggunakan bahan beras ketan putih," ujar Imang salah seorang pedagang pabukoan yang ditemui di kawasan RTH Imam Bonjol, Padang.

Ia menambahkan, bahwa kedua bahan tersebut digabung menjadi satu dalam satu bungkus. Hal ini tidak hanya membuat tampilan kue tampak cantik saja, namun sekaligus memberikan sensasi rasa yang unik akibat percampuran ketan hitam, ketan putih dan bahan isian yang pastinya sangat nikmat di lidah. Lapek bugih merupakan salah satu makanan yang laris dibeli oleh masyarakat pada setiap Ramadan.

"Untuk ... Baca halaman selanjutnya