Anda Ingin Cuti Kerja Bulan Ini? Begini Caranya

"Bos Anda akan jauh lebih ramah terhadap permintaan Anda mempresentasikannya sesuai dengan kebijakan"
Ilustrasi (Business Insider)

KLIKPOSITIF - Menurut sebuah penelitian oleh Project Off Proyek Asosiasi Perjalanan AS, lebih dari separuh orang Amerika tidak menggunakan semua hari libur mereka dalam setahun. Namun mengambil istirahat (cuti) dapat menjaga hubungan sehat Anda dengan keluarga.

"Anda tidak perlu takut atau khawatir untuk meminta libur selama seminggu," kata pelatih karir dan kebugaran Joanna Echols.

"Ketika saya masih memimpin perusahaan, saya akan selalu menghargai orang-orang yang meminta cuti. Saya percaya bahwa jika Anda tahu cara mengurus kebutuhan Anda sendiri, Anda juga akan dapat mengurus kebutuhan perusahaan dengan baik," jelasnya.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk meminta cuti kerja di kantor.

1. Telitilah kebijakan perusahaan
Perusahaan memiliki kebijakan tertulis untuk mengambil cuti. Julian Phillippi, seorang pelatih dan konsultan karier, mengatakan kesalahan umum dalam meminta waktu istirahat tidak mengikuti kebijakan liburan tertulis. "Bos Anda akan jauh lebih ramah terhadap permintaan Anda mempresentasikannya sesuai dengan kebijakan," kata Phillippi.

2. Rencanakan jauh-jauh hari
Lawrence Hedblom, pendiri dan direktur pelaksana perusahaan pembinaan eksekutif Springboard Unlimited, merekomendasikan untuk meminta waktu istirahat setidaknya dua bulan sebelumnya.

Jika Anda mencoba untuk beristirahat antara Natal dan Tahun Baru atau periode populer lainnya untuk liburan, Anda mungkin bisa bertanya lebih awal. Bertanya pada bulan sebelumnya untuk memastikan waktu libur. "Dengan banyak lead time, lebih sulit bagi mereka untuk mengatakan tidak,” katanya.

3. Tanyakan pada bos secara pribadi
Aturan utamanya jangan beli tiket, kamar hotel, atau apa pun sebelum meminta izin kepada atasan pada tanggal yang direncanakan. "Pilih waktu yang tepat untuk bertanya seperti ketika kantor relatif tenang atau ketika Anda baru saja menyampaikan proyek," kata Hedblom.

4. Ingatkan ... Baca halaman selanjutnya