Restaurant Ini Olah Produk Cacat Jadi Menu Kreatif

"Tiap pagi, karyawan restoran itu mengumpulkan makanan atau minuman yang sudah tidak dijual dari berbagai vendor. "
Menu di Instock Crisscrosses. (www.myajc.com)

KLIKPOSITIF - Instock Crisscrosses, restaurant yang mulai dibuka pada tahun 2014 ini menyediakan menu yang berbeda setiap harinya yang diolah dari produk makanan yang cacat dan hampir kadaluarsa.

Tiap pagi, karyawan restoran itu mengumpulkan makanan atau minuman yang sudah tidak dijual dari berbagai vendor. Mereka mengumpulkan banyak sampel dari toko ikan lokal, coklat, bir dari Heineken, dan bahkan barang cacat dari supermarket.

Menjelang siang, Koki Lucas Jeffries dan anggotanya mulai mengolah menu-menu kreatif yang dapat mereka masak. Misalnya, mengubah kembang kol menjadi couscous ataupun es krim dari pisang. Menu ini akan ditampilkan kepada pelanggan beberapa jam kemudian di papan tulis.

Pada awalnya restaurant ini menyajikan roti cokelat, minyak zaitun, dan sepiring acar. Restaurant ini juga menyediakan anggur yang tidak jadi dijual karena label yang rusak.

Restaurant ini berdiri sebagai upaya memerangi limbah makanan yang sering dijumpai di Amsterdam. Meskipun memiliki menu yang berbeda setiap harinya, Instock Crisscrosses memiliki pelanggan tetap yang memiliki pandangan yang sama dengan tujuan didirikannya Instock Crisscrosses.

Sedangkan makanan sisa yang dihasilkan oleh restaurant ini akan diolah menjadi biogas, atau sebagai santapan para karyawan restaurant, atau disumbangkan.

Sumber: NyTimes