Di Negara Ini, Makanan di Pesawat Disumbangkan ke Badan Amal

"Mereka bisa mengumpulkan antara 200 hingga 400 kilo makanan setiap harinya, yang dalam dua jam berikutnya didistribusikan ke berbagai badan amal."
Makanan di pesawat. (Net)

KLIKPOSITIF - Badan Amal OzHarvest Brisbane bekerjasama dengan maskapai penerbangan mengumpulkan sandwich, buah-buahan, minuman, biscuit dan bahkan makanan enak dari penerbangan first class yang tidak termakan selama penerbangan.

Mereka bisa mengumpulkan antara 200 hingga 400 kilo makanan setiap harinya, yang dalam dua jam berikutnya didistribusikan ke berbagai badan amal.

Manager Cameron Hickey mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. “Kami mengumpulkan makanan yang tidak tersentuh dan belum dibuka di penerbangan dan membagikannya dengan kondisi yang masih layak dimakan,” ujarnya seperti dikutip dari lonelyplanet.com.

Gerakan ini termasuk tidak biasa karena biasanya beberapa perusahaan membatasi makanan yang akan mereka beri dengan alas an keamanan. Namun, karena makanan ini masih tertutup dan disegel serta bekerja sama langsung dengan pihak bandara, penyelenggara dapat memenuhi standar kesehatan dan keamanan.

Untuk kedepannya, OzHarvest ingin bekerjasama dengan bandara lainnya. Kegiatan ini telah berlangsung sejak 2004. Selain mendistribusikan makanan, mereka juga membantu maskapai penerbangan mengurangi makanan yang terbuang dengan menandai tipe, kuantitas, dan tangal makanan yang akan didistribusikan.