Nias, Salah Satu Suku Pertama Penghuni Kota Padang

"Nama Puruih ini berasal dari bahasa Nias yang dibaca 'furui' atau 'vurui'"
ilustrasi: Menurut sejarah suku Nias merupakan salah satu suku pertama yang menghuni Kota Padang (net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kota Padang merupakan salah satu kota tua yang terletak di kawasan Pesisir Pantai Barat Sumatera. Kota Padang memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut: sebelah Utara berbatasan dengan Kabupeten Padang Pariaman, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Solok dan sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Menurut Sejarawan Universitas Andalas Anatona Gulo, luas Kota Padang sekarang dengan Padang dahulu berbeda. Sekarang kota Padang lebih luas. Ketika di masa pemerintahan VOC Belanda pada akhir abad 17, yang termasuk Kota Padang adalah daerah sekitar bibir pantai, kira-kira dari Teluk Bayur (dulu Emmahaven) sampai Ulak Karang Purus, dan arah ke timur sampai ke Simpang Haru.

Dahulunya Padang ini dikelilingi oleh daerah Padang Pariaman. Pada tahun 1980'an, setelah adanya pemekaran, daerah yang di luar Teluk Bayur sampai Ulak Karang dan Simpang Haru itu disebut dengan Padang Luar Kota, oleh karena itulah ada istilah Padang Kota dan Padang Luar Kota.

Lantas suku apakah pendatang paling awal di Kota Padang?

"Kalau pertanyaannya siapakah penduduk asli Kota Padang, maka kita mengacu kepada daerah yang kecil tadi (Teluk Bayur sampai Ulak Karang dan Simpang Haru). Dan boleh dikatakan salah satu pendatang awal ke Kota Padang itu adalah Suku Nias, karena orang Nias ini termasuk suku yang suka merantau. Namun mereka tak punya pilihan soal daerah tujuan merantau ini dan daerah tujuan utama rantau mereka itu memang hanya ke daerah pesisir pantai barat sumatera," ujar Ketua Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Andalas ini.

"Di Aceh orang Nias banyak, di Sibolga juga banyak, di Bengkulu juga, di Meulaboh juga banyak, tapi keberadaan orang Nias itu yang paling menonjol ya di Padang," katanya pada KLIKPOSITIF beberapa waktu lalu.

Ia ... Baca halaman selanjutnya