Berkunjung ke BPTU-HPT Padang Mangateh Limapuluh Kota Harus Buat Surat Resmi

"Banyak pengunjung yang kecewa karena tidak mengetahui prosedur yang harus dilakukan"
Suasana di depan gerbang BPTU Padang Mangateh Limapuluh Kota-Sumbar (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Semenjak 29 Desember 2015, Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangateh Limapuluh Kota-Sumbar telah ditutup untuk umum. Meski penutupan ini telah dilakukan selama setahun, namun ternyata masih banyak pengunjung yang tidak mengetahui informasi tersebut.

Salah satunya Dodi, pengunjung asal Pekanbaru-Riau. Ia mengaku tidak mengetahui kalau tempat itu ditutup untuk umum, sehingga ia bersama rombongan tampak kecewa karena tidak bisa masuk ke lokasi Padang Mangateh.

"Kami kecewa, karena jauh-jauh ke sini (Padang Mangateh) ternyata tidak boleh masuk. Kami juga tidak tahu kalau harus mengirimkan surat terlebih sebelum berkunjung ke sini," ujar Dodi yang tinggal di daerah Rumbai ini penuh kecewa.

Sementara itu, Hesty Sri Guswandira yang berkunjung bersama teman-temannya pun harus balik kanan dan tidak bisa masuk area BPTU HPT. Kepada KLIKPOSITIF ia mengatakan dirinya juga kecewa karena harus kembali pulang dan merasa tidak enak dengan teman-temannya yang datang dari jauh.

"Merasa tidak enak sama teman-teman karena mereka jauh ke Payakumbuh dan Limapuluhkota. Salah satu tujuannya ke Padang Mangateh, ternyata sampai di sini tidak bisa masuk," ujar Hesty yang akrab disapa Adis ini.

Jumnedi, Security BPTU Padang Mengateh menjelaskan sebagai petugas ia hanya menjalankan tugasnya. Ia tidak dapat memberikan izin kepada pengunjung sesuai dengan prosedur yang telah ada. 

Meski kawasan ini ditutup, namun pengelola tetap memberikan toleransi bagi pengunjung untuk masuk, dengan catatan harus melalui prosedur, yakni mengajukan permohonan untuk masuk yang bisa dikirim melalui surat elektronik atau e-mail ke bptu-patas@yahoo.com atau di web www.bptupadangmengatas.com serta melalui faksimile di nomor (0752)759369.

Prosedur resmi ini juga telah dipajang melalui spanduk yang dipasang di depan gerbang BPTU Padang Mangateh.

Menurut ... Baca halaman selanjutnya